Kamis, 15 Maret 2012

MANUSIA DAN CINTA KASIH


MANUSIA DAN CINTA KASIH

·         PENGERTIAN CINTA KASIH
Cinta adalah  rasa sangat suka atau sayang ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta atau sangat menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan. Terdapat perbedaan antara cinta dan kasih, cinta lebih mengandung pengertian tentang rasa yang mendalam sedangkan kasih merupakan pengungkapan untuk mengeluarkan rasa, mengarah kepada yang dicintai.
·         Cinta sama sekali bukan nafsu. Perbedaan antara cinta dengan nafsu adalah sebagai berikut :
1.                Cinta bersifat manusiawi
2.                Cinta bersifat rohaniah sedangkan nafsu bersifat jasmaniah
3.                Cinta menunjukkan perilaku member, sedangkan nafsu
            cenderung menuntut.

·         Cinta juga selalu menyatakan unsur – unsur dasar tertentu, yaitu :
1.   Pengasuhan, contohnya cinta seorang ibu kepada anaknya
2.   Tanggung jawab, adalah tindakan yang benar – benar berdasarkan atas
suka rela
3.   Perhatian, merupakan suatu perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan pribadi orang lain agar mau membuka dirinya
4.   Pengenalan, merupakan keinginan untuk mengetahui rahasia manusia 

·       Adapun macam-macam Cinta dan Kasih yaitu :

1.            Cinta Persaudaraan, yaitu rasa cinta menjadi satu identitas yang melekat dalam kehidupan para mahluk-Nya. Tanpa diundang, cinta hadir dan menyapa siapa saja. Membenamkan segala syak wasangka menjadi satu alunan dendang irama. Saking dahsyatnya cinta, banyak orang yang terlena dan salah mendefinisikan arti cinta.
Cinta persudaraan (agape = bahasa yunani) diwujudkan manusia dalam tingkah atau perbuatannya. Cinta persudaraan tidak mengenal adanya batas-batas manusia berdasarkan suku bangsa atau agama. Dalam cinta ini semua manusia sama sebagai makhluk Tuhan sehingga seseorang tidak mempunyai pamrih untuk berbuat baik terhadap sesame.
2.            Cinta kepada Tuhan, merupakan cinta terhadap keyakinan yang dipegang teguh oleh setiap umat manusia yang beragama. Ciri-ciri orang yang cinta terhadap Tuhan selalu taat dalam beribadah dan selalu mengingat Tuhannya.
3.            Cinta Erotis, yaitu kasih sayang yang bersumber dan cinta erotis ini bersifat membirahikan, memang merupakan suatu sifat yang eksklusif sehingga sering memperdayakan cinta yang sebenarnya.  Hal ini terjadi karena antara cinta dan nafsu dipersepsikan secara sama. 
4.  Cinta kepada Diri Sendiri, yaitu perasaan yang yaitu perasaan yang sangat menjaga dirinya sendiri, di samping harus mencintai sesama juga ada keharusan mencintaidi sendiri (self love). jika hal ini yang terjadi maka cinta pada diri sendiri ini nilai negatif. Namun esensi mencintai diri sendiri Incrigurus diri sendiri sehingga kebutuhan jasmani dan rohaninya terpenuhi secara wajjib mencintai dirinya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar