Kamis, 15 Maret 2012

TIPOLOGI MANUSIA MENURUT CLAUDIUS GALENUS


TIPOLOGI MANUSIA

à Menurut seorang pemikir Yunani kuno dan murid Hypocrates (ahli kedokteran) yang bernama Claudius Galenus (129-200) mengadakan tipologi berdasarkan temperamen, yaitu atas dasar cairan-cairan yang terdapat dalam tubuh ada 4, yaitu :
  1. Sangunikus
  2. Melankolis
  3. Kholerikus  
  4. Flagmatikus

Adapun pengertian-pengertian dari sifat-sifat tersebut adalah :
1.     Sifat Sangunikus, yaitu tipe ini mempunyai ciri periang dan optimis tapi mempunyai keburukan yaitu sifatnya mendatar kurang konsekuen dan kurang teratur hidupnya,perasaan tidak stabil,reaksinya tidak di pikirkan dalam-dalam.

2.    Sifat Melankolis, yaitu tipe ini mempunyai ciri perasaanya selalu sedih, ketakutan, mudah tersentuh, sulit menyesuaikan diri pada lingkungan, hati-hati dalam tindakan, konsekuen, stabil jiwanya.

3.    Sifat Kholerikus, yaitu tipe ini menpunyai ciri perasaan mendasarnya selalu merasa kurang puas,mudah emosional,gelisah,mau menang terus dan mudah tersinggung,kesukaran di atasi dengan energi yang berlebihan.

4.    Sifat Flegmatikus, yaitu tipe ini mempunyai ciri selalu tenang, netral, tidak emosional, tidak mudah panik, tidak mudah terharu, pasif, tertib dan teratur.

Dari tipe kepribadian manusia diatas saya pribadi cenderung menjadi Tipe Sanguinikus, yaitu tipe periang dan optimis yang selalu memiliki pemikiran positif atau sugesti positif pada diri saya sendiri dan insyaAllah pada orang lain juga bahwa apabila kita selalu berfikiran positif maka hal positif pula lah yang akan terjadi, beitupun sebaliknya. Namun juga memiliki sifat negatif yaitu hidup yang sangat sulit diatur karna perasaannya yang seringkali tidak stabil (labil).


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar