Kamis, 29 September 2011

Individu, Keluarga dan Masyarakat





Individu, Keluarga dan Masyarakat, adapun pengertian dari individu adalah   kesatuan yang terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan bukan sebagai manusia keseluruhan. Terdapat tiga aspek dalam masing-masing individu tersebut antara lain adalah aspek jasmani, rohani dan aspek sosial. Dimana aspek-aspek tersebut saling berhubungan, apabila satu aspek rusak maka akan mempengaruhi aspek yang lainnya.  Kita akan menjadi individu yang baik apabila mampu berinteraksi dengan individu yang lainnya agar bisa mengenal satu sama lain, karena kita hidup sebagai makhluk sosial yaitu makhluk yang tidak dapat berdiri sendiri pasti membutuhkan bantuan orang lain.
        Keluarga adalah lingkungan dimana beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah, terikat suatu perkawinan, yang tinggal dalam satu rumah tangga dan dibawah asuhan kepala rumah tangga yaitu suami atau orang tua laki-laki. Lingkungan keluarga merupakan media pertama dan utama yang berpengaruh terhadap perilaku dalam perkembangan individu tersebut. Keluarga juga mempunyai peranan penting dalam kehidupan bermasyarakat, contohnya ada sebuah keluarga yang akan mempengaruhi perilaku kita dimasyarakat, kita akan berperilaku baik dimasyarakat luas  apabila dalam lingkungan keluarga kita dibimbing dengan baik pula dan sebaliknya. Keluarga juga mempunyai peranan penting dalam kehidupan.
         Masyarakat adalah sejumlah kumpulan manusia yang merupakan satu kesatuan golongan yang berhubungan dan dapat berinteraksi secara tetap dan mempunyai kepentingan yang sama. 

Pengaruh Individu terhadap Keluarga dan terhadap Masyarakat






keluarga sangat mempengaruhi individu, karena pembentukkan suatu karakter dari individu adalah tergantung dari kehidupan sehari-hari keluarganya. seperti misalnya : seorang anak yang intelegensinya tinggi itu karena orang tuanya yang selalu membiasakan ia mengenal lingkungan luar, adapatasi terhadap teknologi yang canggih, dan juga terhadap permasalahan-permasalahan sosial.
Individu juga sangat mempengaruhi masyarakat, yaitu dari individu yang senang beradaptasi maka akan terjalin kerja sama yang kuat diantara masyarakat tersebut. begitu juga sebaliknya antara pengaruh masyarakat terhadap individu, lingkungan masyarakat yang tidak baik juga akan mempengaruhi tingkat pemikiran seorang individu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar